Labuan Bajo, gerbang menuju surga Flores.

0
119

Labuan Bajo sebagai ibu kota Mangarai Barat terletak di ujung paling barat pulau Flores, sebuah kota kecil dengan pelabuhan cantik yang menawarkan beragam wisata serta sebagai persinggahan bagi mereka yang hendak melihat langsung Komodo yang terdapat di Taman Nasional Komodo (TNK).

Jika anda berada di Labuan Bajo jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan pelabuhan disaat senja tiba, pulau-pulau kecil dan barisan kapal dihiasi cahaya keemasan menghasilkan efek siluet yang indah sekali.

Tujuan wisata Labuan Bajo

Tujuan wisata di Labuan Bajo cukup beragam, namun beberapa diantaranya yang cukup diminati adalah sebagai berikut:

  • Pantai Pede, pantai yang bersih dan tidak terlalu ramai dengan pasir putih yang lembut yang menghadap langsung ke Taman Nasional Komodo, bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 30 menit menuju ke arah barat,
  • Batu Cermin, terletak di sebelah timur Labuan Bajo dengan jarak ±4 Km adalah sebuah gua unik yang seolah-olah merefleksikan cahaya yang masuk ke area lain didalam gua layaknya sebuah cermin.
  • Air terjun Cunca Rami berjarak 30 km dari Labuan Bajo, untuk menuju kesini diperlukan waktu sekitar 30 menit-1 jam dengan menyusuri hutan Mbeliling.
  • Taman Nasional Komodo (TNK), disini anda bisa melihat secara langsung salah satu jenis hewan purba yang masih bertahan hidup sampai saat ini yaitu Komodo dragon yang terkenal sampai se-antero dunia.
  • Pink Beach, sebuah pantai yang khas dan unik karena memiliki hamparan pasir berwarna merah muda dan hanya terdapat di tujuh negara di dunia ini yaitu Indonesia, Bahama, Karibia, Itali, Yunani dan Filipina.
  • Jika anda hobi Diving anda beruntung karena kepulauan disekitarnya terutama TNK terkenal memiliki keindahan alam bawah laut yang luar biasa yang bisa disejajarkan dengan keindahan bawah laut di belahan dunia lain.

Akomodasi & Transportasi

Tersedia berbagai macam penginapan disini, mulai dari untuk backpacker dengan harga mulai dari Rp. 100 ribuan sampai dengan hotel mewah berbintang dengan fasilitas restoran, kolam renang, toko peralatan menyelam, bar dan internet.

Untuk menuju Labuan Bajo anda bisa datang via kapal Ferry atau dengan Bis. Untuk jalur udara via Komodo Airport dari Bali menggunakan maskapai penerbangan seperti Merpati, Lion Air, Garuda, Wings Air atau TransNusa.

Tips

  • Siapkan krim anti nyamuk karena Labuan Bajo merupakan wilayah endemis malaria.
  • Untuk urusan belanja oleh-oleh jalan Yos Sudarso adalah pilihan terbaik.
  • Bulan terbaik untuk berkunjung adalah antara Mei – September saat musim panas berlangsung, karena selama musim hujan akses penyeberangan menuju pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo sering terhambat.
  • Untuk mencapai pulau-pulau sekitar kita harus menyewa kapal dengan harga cukup mahal, mulai dari Rp. 2 juta per hari hingga puluhan juta, cobalah bergabung atau ajak wisatawan lain untuk menuju tempat yang sama dan membagi harga sewa secara merata. Kapal dengan harga sewa sekitar Rp. 2 juta bisa menampung hingga 5 orang.

Wisata di Labuan Bajo atau di daerah Flores lainnya memang terkenal mahal tapi tentu saja dengan berbagai penyesuaian kita bisa menekan budget sekecil mungkin, sebagai contoh kita bisa memilih jalur darat yang jauh lebih murah atau dengan pergi berkelompok agar biaya sewa dan lain-lain bisa dibagi menjadi jumlah yang lebih kecil, dengan begini kita bisa tetap berwisata menikmati semua keindahan bahari yang ada tanpa harus menguras semua isi dompet… so selamat berlibur guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here