Memperbaiki tombol Justify yang hilang pada upgrade WordPress 4.7

2
171
Tampilan editor Wordpress baru 4.7

Cara memperbaiki tombol Justify yang hilang pada upgrade WordPress 4.7 sangatlah mudah, yaitu dengan menginstal plugin atau dengan cara yang lebih praktis, adalah dengan menggunakan shortcut yang ternyata masih berfungsi pada uprade WordPress 4.7

tampilan editor WordPress lama

Ketika mau add post baru banyak orang yang mungkin kebingungan (termasuk gw sendiri) ketika mau seting alignment untuk text, gw coba toggle view tombol justify yang tadinya ada tetap tidak muncul.

Fungsi dari justify atau alignment ini adalah untuk mengatur agar text yang kita pilih bisa lebih rapih  atau rata kanan dan kiri, alignment ini memang paling banyak digunakan, jadi fungsinya sangat berguna dan mereka yang terbiasa menggunakannya pasti terganggu kalau sampai menu justify hilang pada WordPress.

Dalam situasi seperti ini biasanya kita menerawang jauh kebelakang dan berusaha mengingat perubahan apa saja yang dilakukan, apakah theme yang error, plugin baru yang error? atau gara-gara baru pindah server? ternyata semua salah :).

Entah alasannya apa, ternyata tim core developer memutuskan untuk menghilangkan tombol atau menu justify pada upgrade wordpress terbaru, tepatnya pada WordPress 4.7… ya ternyata ini penyebabnya.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana cara memperbaiki tombol Justify yang hilang pada upgrade WordPress 4.7? solusinya cukup mudah, silahkan pilih mana yang sekiranya paling cocok, tapi gw pribadi menyarankan menggunakan shortcut saja:

  1. Untuk mengembalikan tombol justify yang hilang pada WordPress anda bisa menggunakan shortcut ini: ALT+SHIFT+J.
  2. Cara lainnya adalah menggunakan plugin re-add underline-justify

Upgrade wordpress 4.7 ini tidak hanya menghilangkan tombol justify, tombol lainnya yang dihilangkan adalah tombol underline dan plugin re-add underline-justify akan mengembalikan kedua tombol tersebut. Perlu shortcut lainnya? cek artikel berikut: https://codex.wordpress.org/Keyboard_Shortcuts

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY