Review Carrier Osprey Atmos AG 50 Indonesia

39
10353

Carrier atau tas Osprey semakin digandrungi hikers baik dari dalam maupun luar negeri, terutama dikarenakan inovasi Anti-Gravity yang bisa membantu meringankan “penderitaan” para pendaki. Bagi yang masih bingung untuk menentukan carrier yang paling cocok bisa ikuti terus artikel review carrier Osprey Atmos AG 50 yang bisa kalian jadikan sebagai referensi atau mungkin menghapus sedikit keraguan.

Ketika mendaki Semeru, gw menggunakan carrier/keril ukuran 50 liter dari POLRI, tas ini diperoleh kaka gw ketika bergabung dengan tim evakuasi untuk sunami Aceh 2004 silam. Sepanjang perjalanan menuju Mahameru gw bisa merasakan pasir dan kerikil di punggung bagian bawah, mungkin masuk ketika duduk-duduk sambil istirahat. Bukan masalah besar pikir gw, tapi lama kelamaan punggung bagian bawah terasa sakit dan tentu saja pada akhirnya membuat luka di sepanjang punggung.

Perlu diingat, ketika mendaki gunung hal kecil lama kelamaan akan bertumbuh semakin besar hingga akhirnya menimbulkan pertentangan dan melemahkan mental lu, ketika perjalanan semakin berat maka hal hal kecil tersebut bisa menentukan apakah kita bisa berhasil menuju puncak atau tidak.

Carrier yang gw pakai menyumbang sebagian besar penderitaan ketika itu, goyangan tas yang konstan di punggung membuat pasir dan kerikil tadi membuat luka, ditambah rasa sakit di punggung atas karena beban yang tidak tersebar di tubuh. Kesimpulannya, desain carrier yang baik bisa meringankan penderitaan tadi dan Osprey menawarkan ini.

ATMOS/AURA AG SERIES

harga osprey atmos & aura AG50
Harga Osprey Atmos & Aura AG50

Carrier Osprey Atmos AG 50 liter dibanderol dengan harga Rp. 2.350.000, didistribusikan oleh Eiger dan bisa didapatkan melalui toko-tokonya yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, untuk online shop bisa melalui outlive-shop.com. Aura AG adalah carrier yang mempunyai fitur sama persis seperti Atmos AG, hanya saja diperuntukan khusus untuk kaum hawa.

OVERVIEW ATMOS AG 50

SPECS S M L
Cubic Inches 2868 3051 3234
Liters 47 50 53
Lbs/Ounces 3/15 4/0 4/1
Kilograms 1.79 1.82 1.85
Inches 31h x 14w x 16d
Centimeters 80h x 35w x 40d

LOAD RANGE                  25-40lb (sekitar 18 kg)

Pilihan warna: graphite gray, cinnabar red dan absinthe green

FABRIC
MAIN              1000 x 6300 Nylon Dobby
ACCENT          2100 High Tenacity Nylon
BOTTOM        420HD Nylon Packcloth

SIZING / FIT

ATMOS AG – MEN’S SIZING AURA AG – WOMEN’S SIZING
S 16-19” / 40-48 cm XS 14-17” / 35-43 cm
M 18-21″ / 46-53 cm S 16-19” / 40-48 cm
L 20-23” / 51-58 cm M 18-21” / 46-53 cm

Buat yang perlu manualnya, bisa download disini

cara menghitung torsoSebelum membeli, penting bagi kalian untuk menghitung torso masing-masing agar bisa menentukan ukuran carrier yang paling pas.

Cara menghitung torso adalah dengan mengukur panjang dari iliac crest atau pinggang bagian bawah sampai dengan C7 vertebra, C7 vertebra bisa ditemukan dengan menundukan kepala kemudian cari tulang yang menonjol, jika ragu bisa datang langsung ke toko Eiger karena mereka punya alat khusus jadi hasilnya bisa lebih pasti.

M atau ukuran medium mempunyai range 46-53 cm dan ukuran torso gw adalah 53 cm, jadi M adalah ukuran yang gw pilih. Untuk ukuran L tidak tersedia, so kalau lu punya torso yang lebih panjang siap-siap untuk beli langsung dari luar negeri.

Review Carrier Osprey Atmos AG 50

Pros / Kelebihan carrier Osprey

Garansi carrier Osprey – All Mighty Guarantee

Salah satu hal yang diinginkan oleh semua konsumen adalah rasa aman dan percaya terhadap barang yang akan dibelinya dan inilah salah satu kekuatan dan kelebihan carrier Osprey, tidak tanggung-tanggung Osprey menawarkan garansi seumur hidup, any reason, any product, any era, kecuali untuk alasan estetika yah, misal karena tidak suka warnanya terus minta ganti baru, ini jelas tidak bisa. Berita baiknya, garansi Osprey berlaku dimana saja, termasuk di Indonesia.

Nyaman digunakan.

Desain yang apik menjadikan beban didistribusikan secara merata, ditambah dengan hipbelt yang kaku membuat tas ini menempel dengan baik di tubuh sehingga membantu mengurangi rasa sakit di punggung atas serta membuat beban yang tadinya berat menjadi terasa lebih ringan. Top lid bisa juga di lepas jadi kalau tidak perlu tinggal lepas aja, lumayan buat ngurangin beban.

Extra pocket atau kantong tambahan yang  disediakan berguna banget untuk menyimpan barang yang perlu akses cepat. Gw sempat takut botol minum yang di taro di mesh pocket jatuh tapi ternyata aman karena karet elastis mencengkram kuat. Dengan posisi botol yang condong kedepan sangat memudahkan ketika mengambil minum, salah satu design dan detail yang super dari Osprey pack.

Update: gw pernah tes ni carrier dengan membawa beban yang berat/berlebih dan sepertinya suspension system yang dijagokan kurang maksimal atau tidak bekerja sama sekali, alhasil pundak gw sakit dan pinggang kurang nyaman pas bawa ni tas. Kesimpulannya: tetap gunakan tas ini dengan maksimal beban yang disarankan (kurang dari 18 kg).

Anti-Gravity Suspension

Atmos/Aura anty-gravity backpanel adalah mesh ringan dengan panel berkelanjutan dimulai dari backpanel atas sampai dengan hipbelt untuk memberikan kenyamanan dan ventilasi. Dengan desain seperti ini membuat tas bisa menempel dengan baik dengan tubuh dan mengurangi goyangan.

    • Pressure/friction point free
    • Menghilangkan hot spot
    • Ventilasi yang sangat baik

Cons / Kekurangan carrier Osprey

Secara keseluruhan gw puas dengan tas ini dan sangat merekomendasikannya, tapi tentu saja selalu ada kekurangan di setiap sesuatu dan berikut adalah kekurangan minor yang ada pada carrier Osprey AG 50.

  • Carrier Osprey AG 50 agak berisik! (sebagian saja). Awalnya sempet berpikir kalau ini hanya di carrier yang gw pakai saja, tapi beberapa review di berbagai website mengkonfirmasi hal ini, suara yang berasal dari frame akan terdengar jelas terutama ketika sepi.
  • Rain cover tidak termasuk dalam pembelian, dijual terpisah dengan harga sekitar 350 ribu, ngek 🙂
  • Osprey AG 50 tidak menyediakan tempat khusus untuk sleeping pad/matras, hanya ukuran 60 liter keatas saja yang menyediakan fitur ini.

seting_osprey_ag50Tips:

    • Harness atau tali punggung Atmos AG50 bisa disesuaikan kalau masih kurang pas, caranya tekan kedua tombol dibelakang mesh dan naikan atau turunkan secara bersamaan. Perhatikan tanda yang ada dibelakang backpack dan pastikan levelnya sama antara yang kiri dan kanan.
    • Dua tali dibawah  bisa dipakai untuk menyimpan matras, tinggal ikat aja matrasnya kesana atau bisa ditempatkan pada compression strap di sisi kiri atau kanan.
    • Bagian depan atau mesh elastis bisa digunakan untuk menyimpan barang yang memerlukan akses cepat seperti peta, sandal, jas hujan atau lainnya tapi tidak disarankan untuk menyimpan barang dengan beban yang berat.
    • Gunakan rain cover untuk melindungi tas dari godaan air dan duri duri tajam, terutama pada musim hujan dan pendakian gunung di jawa barat biar carriernya ga tercabik duri dan tetap bersih.

Awalnya sih mau beli carrier Deuteur ACT light, tapi pas liat Atmos langsung kesengsem terlebih pas denger soal garansinya langsung jatuh cinta deh haha.

Sebenernya ga doyan dengan harganya yang mahal tapi garansinya itu lo yang jadi magnet, terlebih tas tas sebelumnya dah ga layak pakai plus beberapa carrier terutama lokalan memang daya tahannya kurang baik juga; framenya rusak, sobek la, apa la… jadi beli juga ni carrier dan memang memuaskan, so kalo kalian masih bingung mau beli apa dan budgetnya masuk, gw recommend banget ni carrier.

39 COMMENTS

  1. Sempet bingung saat pgn cari keril, baca berbagai macam review produk keril sana-sini dan pilihan pun jatuh ke Atmos 50 AG yg menurut gw harganya msh bs di jangkau dgn kualitas yg “WEW”. Entah knp ini keril meluk bgt dan enak bgt dipakenya (sumpah), apalagi gw yg tipe demen ultralight an, bawa brg bnyk sesuai kebutuhan tp dgn berat brg yg tdk terlalu berat dan tentunya mengutamakan safety first juga.

  2. waahhh,….
    tadi kepikiran antara beli deuter futura 50 + 10 L, ada bottom loading dan front opening… osprey juga menarik sih,… yang mana ya enaknya

    • Pernah coba deuter act light enak juga ko.
      Gw lbh pilih osprey krn suka tampilannya yg lbh keren plus nawarin garansi seumur hidup.
      Mungkin klaimnya lama si, tapi sebagai konsumen seengganya gw ngerasa lbh terlindungi :).
      Coba cek aja dulu fisik keduanya n coba2, tar jg tau mau pilih yg mana.
      Hipbelt osprey kadang bisa ganggu, terutama dimedan tertentu. kl pilih osprey tar hrs belajar pasin setingnya doang paling, tar kl dh bbrp jalan pasti tau sih ngepasinnya.

  3. Nah ini yang saya liat di beberapa forum.,,katanya emang hipbelt nya osprey atmos ini kurang enak ya gan, terus ngerasa ada kaya bunyi2 gitu ga di frame nya pas dibawa jalan gan ?

    masih galau antara futura vario dan osprey ini.. 🙁

  4. hipbeltnya cukup gede dan kaku jadi dimedan tertentu emang cukup ganggu, misal pas merangkak n kaki lu angkat tinggi.. not a big deal though kl buat gw.
    Kalau soal bunyi ga semua ada, tapi yg gw punya iya berisik haha, yg gw baca bule2 disono kalo bawa ke tempat service dikasi pelumas biasanya.
    dah coba cek fisik keduanya? gw dulu sama juga bingungnya cuman tetep lebih pilih osprey

    • oh gitu..thanks penjelasannya bro..tapi gw lagi review2 ternyata mendingan beli atmos yang 65 AG skalian katanya beda fiturnya cukup lumayan dengan yang 50AG bukan dari size nya aja..

  5. Sebelum beli ukuran 65 pikir2 dulu deh 🙂
    Dulu juga gw pikirnya sama.. mending ukuran 65 aja kan lebih gede, tapi lama2 enek juga lo pake carrier ukuran gede, nah kalau cuma naik sebentar aja malah jadi kosong keliatannya.

    Carrier ukuran 50 bisa buat bawa perlengkapan 3-5 maleman lah, ukuran lebih dari itu bisa lebih lama tapi artinya lu mesti bawa barang yang lebih banyak lagi dan pasti lebih berat, kalau lu berjiwa porter mungkin ga masalah si haha.

    • Iya makasih bro…akhirnya gw menjatuhkan pilihan ke osprey atmos 50 AG 😀 kemaren udah coba test drive tapi isi kosong, belum nemuin settingan yang pas kayakna soalnya pas pasang hippbeltnya berasa agak nyeri di pinggang padahal masih kosong.

  6. Thanks banget sharingnya bang. Bermanfaat banget buat saya yang pengen ganti carrier. Sementara ini saya masih pake carrier lokal R** 80L , cuman baru dipake ke 3 gunung udah sobek aja kulit luarnya.

    Nah, butuh masukan ni. Saya kalo naik biasanya bawain barang2 untuk 2 orang. Kira2 carrier 50L gini cukup ga ya bang? mengingat bawa bahan makanan yang lumayan juga.
    btw Osprey 50L ama carrier lokal 50L tu ukurannya sama apa beda si bang? mohon infonya.

    • Klau size osprey lebih besar dibanding lokalan tuan,meskipun kapasitas tertera sama,saya pakai Atmos 50ag itu bisa jalan 3hari2malam berdua dengan satu keril,tergantung packing dan gelarnya juga tuan

  7. Hola,
    Wah berjiwa porter keknya bro Leo ini :), tapi jangan terlalu berat2 takutnya kakinya cedera/radang sendi dan malangnya ini ga bisa sembuh.
    Sebelumnya 80L keisi sampe penuh ga?
    Kalau buat 2 orang takutnya kurang, kecuali kalau buat 1 atau 2 malam saja mungkin bisa. untuk ukuran luar ma lokal sama saja, thanks.

  8. saya dulu juga beberapa kali pake deuter tp masih kurang nyaman… akhirnya pilihan selanjutnya Osprey atmos 65 ag yg 2018.. saya pake lintas merbabu via cunthel – selo asli kagak pegel sama sekali nyaman dipake dengan bobot waktu itu kurang lebih 25 kg.. lumayan setuju kalo ada org bilang ada harga ada kualitas.. cuma kekurangan nya agak berisik ada suara2 gesekan gtu kalo tasnya penuh

    • gw juga mo pilih 65 cuman takut kegedean haaa, anyhow banyak keluhan sama soal bunyinya.. kalo lagi sepi kedengeran bgt dan org2 liat-liatan dari tas siapa yg bunyi trs gw ngacung de 🙂

  9. Mau tanya dong. Baru pemula nih tentang gini”an.

    Kalo untuk ngecek carier yang udah ag gmana ?

    Dan kalo menurut abang” sebenernya yang udah berpengalaman enakan bawa deuter atau osprey

    • dari merk akan ada tulisan “AG” dan kalau dari ciri2 fisik dibelakangnya ada mesh seperti gambar atmos diatas.
      osprey enak pakenya tapi kadang keganggu sama hipbelt kalau dimedan tertentu. deuteur juga nyaman dipakai tapi gw lebih pilih osprey karena jaminan garansinya saja hehe.

    • mana minta linknya mas, orang lain pasti perlu karena kebanyakan pasti bingung pilihnya jadi videonya pasti berguna banget buat orang lain.

  10. @ilham samudra
    perbandingan antara stratos 50 dan atmos 50 ag
    ada pada fungsi nya ,karena stratos 50 tidak mempunyai fitur mesh di bagian depan,kebutuhan mesh di depan untuk mengisi barang” dengan kebutuhan utama dan cepat,jacket,raincoat,helm dll,
    kelebihan stratos 50 terletak pada bukaan samping yang full zipper,jadi bisa cepat mengambil barang dalam keadaan darurat dari samping tanpa mengeluarkan barang” diatasnya,
    masalah bentuk yang menyukai keril tinggi dan ramping ada pada stratos 50,
    beda harga karena atmos 50 sudah memakai technologi AG ( anti gravity )yang bisa disesuaikan sesuai kebutuhan / tinggi torso personal,* salam lestari *

  11. Gan mau tanya ane newbie mohon pencerahan,, ane bingung mau akuisisi yg mana osprey 50 ag atau deuter aircontact untuk sisi kenyamanannya.

    • Pake deuter sekali doang jadi ga terlalu kenal tapi overall gw pribadi lebih pilih osprey karena menawarkan lebih banyak feature yang berguna. back systemnya juga menurut gw masih menang osprey, foam yang tebal dari deuter bisa jadi beban kalau hujan/kena basah.

  12. Mas, numpang tanya dong, untuk garansi nya osprey berlaku untuk kerusakan pribadi atau dari pabrik aja ?
    trs kalo ada apa2 sama carrier nya untuk claim nya bisa kemana aja atau tempat kita beli carrier nya ?

    • Klaimnya ke eiger tapi bawa bukti pembelian, nanti dikirim ma mereka. Semua jenis kerusakan bisa itu, nanti mereka benerin atau ganti baru.

  13. Om maaf mau tanya kalau bukti pembelian hilang ,Kita mau klaim garansi gimana yah ??fix gak bisa apa ada kebijakan lain ??kali ajah tau 🙏🏽😇
    #salamlestari

  14. Halo mas.. Salam kenal.. Maaf mau tanya antara osprey stratos dengan osprey manta enak mna ya back system nya? Mana yang lebih ga bikin sakit punggung? Trmksh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here