Taman Nasional Komodo

0
228

Karena keunikannya, pada November 2011 Taman Nasional Komodo masuk dalam jajaran New 7 Wonders dengan memperoleh suara terbanyak dibanding 7 keajaiban dunia lainnya setelah sebelumnya ditetapkan sebagai “World Heritage Site” dan “Man and Biosphere Reserve” oleh UNESCO.

Tidak hanya sampai disitu saja, keindahan alam serta biota bawah lautnya pun disebut-sebut sebagai salah satu situs penyelaman terbaik kelas dunia! tak heran jika taman nasional ini menjadi buruan para wisatawan mancanegara maupun domestik.

taman_nasional_komodoTaman Nasional Komodo (TNK) berada diantara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores di kepulauan Indonesia Timur yang terdiri atas lima pulau utama, yaitu: Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar, Gili Motang dan Nusa Kode beserta pulau-pulau kecil lainnya yang dinyatakan sebagai Taman Nasional pada tahun 1980, sebagai upaya untuk melestarikan Komodo beserta keanekaragaman hayati diwilayah tersebut, termasuk juga biota lautnya yang kaya dengan dibentuknya taman laut.

Komodo DragonFakta-fakta menarik seputar Komodo dragon

  • Komodo (Varanus komodoensis) adalah spesies langka yang hampir punah dan hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Komodo, namun pada 1992 National Zoo berhasil menetaskan telur komodo untuk pertama kalinya diluar Indonesia, dan sekarang puluhan komodo hidup di beberapa kebun binatang di berbagai belahan dunia.
  • Ekspedisi pertama ke Pulau Komodo dilakukan oleh Douglas Burden pada 1926, dia berhasil kembali dengan membawa 12 spesimen yang diawetkan dan 2 komodo yang masih hidup, dia jugalah yang memberi nama “Komodo dragon”. Ekspedisi ini kemudian menjadi inspirasi pembuatan film King Kong pada tahun 1933.
  • Komodo adalah kadal purba hidup terbesar dengan ukuran yang bisa mencapai 3 meter dengan berat ±70 Kg dan bisa hidup sampai 30 tahun (di alam bebas).
  • Persis seperti ular, komodo menggunakan lidahnya yang panjang dan bercabang untuk mengambil sampel dari udara untuk kemudian ditempelkan ke dinding mulutnya. Proses analisa kimia membuat komodo dapat “mencium” bau mangsanya dengan mengenali molekul diudara. Jika konsentrasi diujung lidah sebelah kiri lebih besar daripada dikanan, maka mangsa/rusa datang dari arah kiri.
  • Jika diperhatikan komodo berjalan dengan menengokan kepalanya kekiri dan kekanan, dengan begini membuatnya lebih mudah untuk merasakan atau “mencium” arah bangkai maupun mangsannya walaupun dari kejauhan (2-4 Kilometer)
  • Walapun bisa berlari cepat, strategi berburunya berdasarkan power dan stealth.
  • Bisa yang terdapat di liurnya tidak berpengaruh terhadap komodo lain, namun jika mangsanya tergigit maka akan terinfeksi dan mati dalam waktu satu sampai dengan tujuh hari.
  • Komodo adalah tertiary predators (predator yang berada diposisi teratas dari rantai makanan) dan
  • Selain ber-reproduksi secara sexual komodo betina juga bisa bertelur tanpa bantuan dari sang jantan! (asexual reproduction).
  • Komodo dewasa sering memakan komodo-komodo yang lebih kecil (kanibal), Setelah menetas komodo-komodo kecil akan pergi menyelamatkan diri dan hidup diatas pohon hingga umur 4 tahun. Mereka hidup dengan memakan serangga, kadal, toke, ular, burung dan lain-lain. Banyak dari komodo yang lebih kecil menggulingkan badan mereka di atas kotoran dengan harapan bau mereka tidak tercium dan selamat dari ancaman kanibalisme.

Transportasi menuju Taman Nasional Komodo

Untuk menuju Taman Nasional Komodo bisa melalui Labuan Bajo dengan menggunakan pesawat dari Denpasar Bali atau Bali – Komodo Airport dengan kisaran tiket Rp. 2,5 juta menggunakan Merpati Airlines.

Sebagai alternatif bisa juga berangkat dari Lombok dengan waktu tempuh lebih lama yaitu sekitar sehari semalam. Kapal PELNI dari Bali dan Lombok berhenti di Labuan Bajo setiap dua minggu sekali.

Akomodasi

Berbagai macam hotel dan penginapan tersedia dengan harga yang variatif, mereka yang pergi ke pulau Rinca biasanya menginap di hotel-hotel yang ada di Labuan Bajo sedangkan mereka yang berkunjung ke pulau Komodo sebagian menginap di perahu motor sewaan, perahu motor besar biasanya memiliki tempat tidur yang lebih nyaman, bagi mereka yang enggan tidur di perahu motor, rumah-rumah penjaga taman nasional yang sudah direnovasi dengan bergaya ekologi bisa menjadi alternatif.

Tips

  • Komodo bisa menjadi lebih agresif ketika mencium darah, oleh karena itu jika ada dari anda yang sedang menstruasi diharapkan untuk di informasikan kepada Ranger/pemandu agar mereka bisa lebih waspada.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi TNK adalah ketika musim kemarau, untuk itu pertimbangkan untuk membawa sunblock dan krim anti nyamuk.
  • Biasanya kita diberikan pilihan antara trek pendek, medium dan trek panjang, so tentukan pilihan anda dengan menyesuaikan waktu yang dimiliki.
  • Pakailah sepatu untuk kenyamanan dan keamanan anda.
  • Untuk tips-tips menarik lainnya silahkan baca juga artikelnya

Di TNK kita bisa melihat salah satu spesies purba yang sukses berevolusi dan beradaptasi dengan alam dihabitat alaminya secara langsung atau kita juga bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan dengan beragam spesies karang yang indah, berbagai jenis bunga karang, mangrove, ribuan jenis ikan, clown fish dan berbagai biota laut lainnya yang sangat indah dan beragam.

Indonesia memiliki potensi wisata yang luar biasa dan menunggu anda untuk segera berkunjung kesana…semoga artikel ini bisa menjadi itinenary atau setidaknya menjadi gambaran betapa kaya nya Indonesia tercinta ini dengan harapan bisa menumbuhkan kepedulian dan rasa cinta yang lebih besar terhadap negri ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here