Tips dan cara merawat carrier atau tas gunung

0
1074
cara merawat dan mencuci carrier atau tas gunung

Pada dasarnya, tas gunung atau carrier dibuat dengan bahan yang kuat dan memiliki ketahanan tinggi agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, tapi walaupun begitu perawatan atau maintenance akan membantu carrier yang kamu miliki bisa bertahan lebih lama lagi.

Beberapa kerusakan yang biasa menimpa carrier atau keril adalah seperti robek, reseleting yang macet atau rusak, frame patah dan lain sebagainya, oleh karena itu usahakan untuk selalu merawat carrier kesayanganmu. Berikut adalah beberapa tips dan cara merawat carrier atau tas gunung yang lu miliki agar bisa bertahan lebih lama:

Perawatan Standar

+ Pastikan untuk membersihkan carrier secara menyeluruh setelah digunakan

+ Bersihkan resleting secara berkala menggunakan sabun (mild soap), air hangat dan sikat lembut untuk menjaga resleting bisa tetap berfungsi dengan baik.

+ Jika basah segera jemur agar bisa kering tanpa terkena sinar matahari secara langsung.

+ Longgarkan semua strap/tali.

+ Cuci pack atau carrier jika terkena lumpur, noda, atau garam atau lainnya agar tidak berbau.

Cara mencuci tas gunung atau carrier

  1. Kosongkan carrier, termasuk semua sisa makanan, lumpur atau tumpahan lainnya.
  2. Jika harness, hipbelt atau lainnya bisa dilepaskan baiknya dilepas dan dipisahkan.
  3. JANGAN mencuci carrier/tas gunung menggunakan mesin cuci. Bersihkan dengan cara merendamnya di bak menggunakan detergent dan air hangat.
  4. Sikat bagian dalam dan luar termasuk saku dengan sikat lembut dan gocek dengan lembut.
  5. Bersihkan resleting menggunakan sabun, air hangat dan sikat lembut. Bersihkan dan semprot dengan air mengalir untuk memastikan resleting tetap berfungsi dengan baik.
  6. Ganti air kotor bekas pencucian dengan air bersih tanpa menggunakan sabun. Bersihkan kembali dan ulangi jika diperlukan.
  7. Keringkan dengan cara digantung di luar ruangan dengan ventilasi yang baik dan usahakan agar tidak terkena sinar matahari langsung.
  8. Jangan simpan carrier di tempat lembab karena bisa berjamur dan menimbulkan bau, usahakan agar selalu tetap kering.

Cara mencuci tas carrier Deuteur, ataupun tas carrier lainnya baik itu Consina ataupun tas carrier Eiger sama saja, sehingga tutorial ini bisa diterapkan untuk semua merk atau bahkan tas biasa.

Ingat juga agar tidak membebani tas dengan beban yang melewati batas yang ditentukan, setiap carrier mempunyai batasan beban yang bisa ditanggungnya, jika berlebihan dan dilakukan secara terus menerus dijamin carrier kamu akan rusak hanya dalam beberapa trip saja. Sebagai contoh carrier berukuran 50 – 60 liter biasanya bisa digunakan untuk membawa beban sekitar 18-22 kilo saja.

Untuk tas carrier lokal kualitasnya masih diragukan, hanya sebagian kecil saja yang ketangguhannya sudah teruji, tapi walaupun begitu harga yang ditawarkannya memang jauh lebih murah ketimbang tas gunung atau carrier buatan luar.

Dengan melakukan perawatan secara berkala bisa membuat tas kesayanganmu bertahan lebih lama, tapi walaupun begitu tas yang sudah berumur lama biasanya akan lebih gampang rusak sehingga tidak layak lagi digunakan.

Sebagai info tambahan, Osprey pack dibandrol dengan harga yang mahal tapi menawarkan garansi seumur hidup dan bisa lu pertimbangkan untuk membelinya, jika masih ragu kalian bisa baca dulu reviewnya. Walaupun mahal, garansi seumur hidup yang ditawarkan sangat menggiurkan, bahkan mungkin kita tidak perlu melakukan perawatan jika terlalu malas dan bisa mengabaikan artikel tips dan cara merawat carrier atau tas gunung ini.

LEAVE A REPLY