Tips dan info jalur pendakian gunung Rinjani

2
227

Sunrise dan pemandangan spektakuler berupa kaldera view gunung Agung dan pulau pulau yang membentang dikejauhan menjadi hadiah spesial bagi mereka yang berhasil mendaki gunung Rinjani; adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia yang memperoleh predikat sebagai gunung dengan pemandangan paling indah.

Sulit rasanya untuk menolak beragam keindahan yang ditawarkan Rinjani, namun bagi mereka yang hendak berangkat kesana diperlukan persiapan yang matang karena gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3726 meter bisa menjadi berbahaya, khususnya bagi mereka yang tidak “menghormatinya”.

danau segara anakUntuk mencapai puncak tertingginya diperlukan waktu sekitar 3 hari 2 malam, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan danau Segara Anak dan menghabiskan malam berharga berikutnya disana. Paket perjalanan Rinjani yang banyak disediakan oleh agen bisa bervariasi dan menawarkan paket trekking Rinjani dari mulai 2 hari 1 malam (hanya sampai pinggiran kaldera dengan harga ±Rp. 1.500.000 – 2.000.000 per orang) sampai dengan 5 hari 4 malam dengan harga yang lebih tinggi dan sudah termasuk paket untuk mengunjungi kepulauan Gili yang menawan di hari berikutnya.

Jalur pendakian gunung Rinjani

plawangan sembalunSaat ini telah dibuka beberapa jalur baru pendakian gunung Rinjani seperti jalur Benang Stokel, Timbanuh dan jalur Torean, namun jalur “resmi” atau umum yang banyak dipilih adalah jalur Sembalun dan Senaru. Jika anda berniat melakukan pendakian hanya sampai punggungan kaldera disarankan untuk mengambil jalur Senaru, sebaliknya jika berniat untuk mendaki sampai puncak tertinggi disarankan mengambil jalur Sembalun – puncak, untuk kemudian turun dan kembali bermalam di danau Segara Anak dan berendam di air panas untuk selanjutnya turun ke desa Senaru.

Jalur pendakian gunung Rinjani rute Sembalun

(Mataram – Sembalun ±4-5 jam)

Walaupun jaraknya lebih jauh dan cenderung lebih panas, rute ini disukai karena medannya yang datar dan menawarkan pemandangan indah yang bisa meringankan beban perjalanan yang melelahkan. Perjalanan dimulai dari ketinggian 980 meter menuju Plawangan II (Plawangan Sembalun) yang memakan waktu 7-8 jam dengan melewati 3 pos plus 1 pos ekstra.

Bagi para pendaki yang datang dari tanah Jawa yang sudah terbiasa dengan suguhan hutan homogen dan heterogen, pemandangan disini bisa memberikan sensasi yang berbeda karena melalui hamparan padang savana serta barisan perbukitan dan lembah hijau yang indah dilengkapi dengan hembusan angin yang lembut.

Jalur yang cukup menantang dari jalur Sembalun di mulai dari POS 3 dengan tanjakan yang memiliki kemiringan hingga 50 derajat hingga akhirnya sampai di Plawangan II untuk mendirikan tenda. Usahakan untuk tidur karena pada pukul 3 dini hari, salah satu perjalanan terberat dalam hidup anda akan dimulai.

Jalur pendakian gunung Rinjani Rute Senaru

(Mataram – Senaru ±3-4 jam)

Jalur Senaru adalah rute yang paling sering digunakan, selain dipakai sebagai jalur oleh agen-agen trekking Rinjani untuk mengantar klien mereka ke danau, juga digunakan oleh warga masyarakat yang hendak melakukan upacara adat di puncak Rinjani ataupun di danau Segara Anak.

Perjalanan dimulai dari ketinggian 600 meter dari Desa Senaru dengan melewati hutan tropis yang lebat, perjalanan memakan waktu kurang lebih 6 jam untuk mencapai punggungan kaldera dengan melewati 3 pos dan 1 pos ekstra yang sebagian besar bagiannya sudah hilang dijadikan kayu bakar untuk membuat perapian. Usahakan untuk sampai di punggungan kaldera sebelum gelap dan bermalam disini atau kita bisa melanjutkan perjalanan ke dasar kaldera dan mandi dengan air panas disana.

  • Danau Segara Anak – Pelawangan Sembalun ±4 jam
  • Pelawangan Sembalun – Puncak Rinjani ±2-3 jam

Jalur pendakian gunung Rinjani Rute Torean

(Mataram – Torean ±4-5 jam)

Rute Torean dimulai dari desa Torean menuju kali Tiu (Pos I) dengan melewati ladang dan perkebunan dengan jarak kurang lebih 5 Km. Selebihnya melewati aliran sungai Putih dan melalui apitan 2 gunung, jarak dari Pos 3 menuju Pelawangan Torean ± 3,50 Km dan untuk mencapai danau Segara Anak memerlukan waktu tempuh sekitar 8-9 jam.

Jalur pendakian gunung Rinjani Rute Benang Stokel

(Mataram – Aik Berik ±1 jam)

Benang Stokel terkenal akan keindahan air terjunnya yang terdapat di desa Aik Berik yang berjarak sekitar 27 Km dari Mataram. Rute Benang Stokel adalah jalur pendakian yang cocok untuk pendaki berpengalaman sekaligus menjadi jalur termudah untuk mencapai danau segara anak dengan melewati vegetasi hutan basah dengan waktu tempuh sekitar 6 jam jam untuk sampai di punggungan kaldera, untuk turun ke danau diperlukan waktu sekitar 3 jam.

Tips pendakian gunung Rinjani.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Rinjani adalah pada musim kemarau yaitu dari Juli sampai dengan awal November. Pada musim hujan yaitu Maret sampai Desember biasanya jalur pendakian ditutup dikarenakan jalurnya yang berbahaya atau untuk keperluan pemulihan.

Dengan trek yang panjang dan berat kalori dan cairan tubuh banyak keluar, untuk itu perlu digantikan dengan segera. Makanan seperti coklat, kacang dan pisang yang kaya akan potassium (untuk mencegah kram) bisa berguna untuk menambah energy. Minumlah air dengan teratur tapi jangan berlebihan, sedikit-sedikit tapi sering adalah cara paling baik.

Lindungi pundak dan muka dengan syal dan topi (atau sunscreen) agar terhindar dari teriknya matahari, biasanya didaerah dengan elevasi tinggi cuaca begitu sejuk walaupun di siang hari dan kita cendrung mengabaikan radiasi matahari langsung karena terasa menghangatkan tubuh, jika dibiarkan dijamin ketika pulang nanti kulit anda gosong dan melepuh.

Hati-hati dengan jalan yang licin dan curam, jarak pandang yang pendek serta cuaca buruk yang bisa datang dengan tiba-tiba, dipuncak suhu drop dan menjadi sangat dingin (4-5°C) yang diperparah dengan hembusan angin yang membekukan, bekali diri anda dengan peralatan yang memadai, headlamp, pakaian kering dan jaket serta rain coat, kaus kaki kering beserta aksesoris lainnya untuk menjaga tubuh tetap hangat dan terhindar dari bahaya hypothermia.

Mirip seperti pendakian gunung Semeru, perjalanan menuju puncak Rinjani menjadi pendakian terberat karena menguras banyak tenaga. Beberapa langkah kita akan dibuat percuma dikarenakan jalur pendakian berupa pasir dan kerikil-kerikil kecil yang tidak kokoh ketika dipijak, trekking pole atau potongan dahan bisa sangat membantu disini.

 

2 COMMENTS

  1. Keren infonya om
    Terima kasih banyak atas pengalamannya
    Rencana saya april 2017 kesana via sembalun
    Semoga saja berhasil sampai puncak

LEAVE A REPLY