Wisata Gunung Bromo, tempat wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia

0
1500
Image via dailymail.co.uk

So majestic! I kept shooting on the same spot over and over again, I was hypnotized by the beauty…ungkap Mike, seorang wisman asal Skotlandia yang terpukau oleh panorama gunung Bromo pagi itu. Hamparan lautan awan dan kabut tipis menyelimuti gunung Bromo disertai rona keemasan matahari pagi membuat mata ini tak puas-puas memandangnya.

gunung bromo
Image via nationalgeographic.com

Pemandangan matahari terbit yang eksotis, deretan gunung dan kawah yang megah, lautan padang pasir yang asing serta hamparan rumput di padang savana lebih dari cukup untuk membuat siapapun takluk dengan keindahannya.

Saking indahnya, wisatawan mancanegara biasanya memasukan gunung Bromo ke dalam daftar tujuan wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia. Menikmati sunrise di Pananjakan adalah salah satu agenda wajib bagi mereka yang berkunjung kesini.

Wisata “gunung” Bromo bisa terdengar meng-intimidasi bagi sebagian orang, tapi tenang saja karena wisata ke Bromo sedikit berbeda, kita tidak perlu membawa carrier yang berat dan berjubel dengan berbagai macam perlengkapan ataupun berjalan jauh dengan medan pendakian yang melelahkan mental dan fisik, satu-satunya pendakian yang perlu dilakukan adalah ketika menuju bukit Penanjakan untuk menyaksikan sunrise atau sunset, nafas-nafas memburu anda akan terbayar ketika disuguhi pemandangan indah di atas sana. Jika anda masih terlalu malas untuk melakukan pendakian singkat ini, tersedia kuda untuk di sewa yang siap mengantar sampai Penanjakan.

pasir_berbisik_bromo
Image via dailymail.co.uk

Setelah menikmati sunrise, perjalanan berikutnya adalah menuju puncak gunung Bromo dengan anak tangga yang sebelumnya melewati areal lautan pasir yang luas, pasir berbisik begitu mereka menyebutnya. Disebelah kiri terlihat sebuah Pura sebagai tempat untuk beribadah suku Tengger.

Suku Tengger adalah nama suku yang tinggal disekitar gunung Bromo yang meyakini bahwa mereka adalah keturunan langsung dari Majapahit dan mengangap gunung Bromo sebagai gunung suci. Setiap setahun sekali mereka mengadakan upacara Kasodo yang bertempat di Pura luhur Poten yang terdapat di kaki gunung bromo, dianjutkan ke puncak gunung Bromo. Biasanya upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama antara tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan jawa.

Sempatkan juga untuk mengunjungi bukit Teletubies, adalah suatu area dengan padang savana yang dikelilingi oleh deretan perbukitan, anda akan kembali takjub dengan pemandangan disini.

Transportasi menuju Gunung Bromo

Gunung Bromo terletak di Provinsi Jawa Timur yang masuk dalam empat teritori pemerintah daerah, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan.

Untuk menuju kesana bisa melalui beberapa jalur dan jalur probolinggo – Cemoro Lawang – Bromo adalah jalur yang banyak dipilih traveler. Berikut beberapa jalur alternatif untuk menuju Gunung Bromo:

  1. Rute Pasuruan – Warung Dowo – Tosari – Wonokitri – Gunung Bromo, dengan jarak perjalanan ±71 Km.
  2. Rute Malang – Purwodadi – Nongkojajar – Tosari – Wonokitri – Penanjakan, dengan jarak perjalanan ±83 Km.
  3. Rute Malang – Tumpang – Gubuk Klakah – Jemplang – Gunung Bromo, dengan jarak ±53 Km.

Untuk menikmati sunrise di Penanjakan kita bisa menyewa Jeep sesuai dengan paket-paket yang disediakan, lebih jauh perjalanan lebih mahal. Bisa juga menyewa ojek, atau bahkan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Akomodasi Bromo

Penginapan, Hotel dan Homestay banyak menjamur di kawasan Bromo dengan harga yang bervariasi, beberapa penginapan menyediakan air hangat dan bisa dihuni sampai dengan 4-5 orang dengan harga Rp. 350 ribu. Umumnya letak penginapan yang lebih jauh dari Bromo memberikan harga lebih murah, walaupun lebih jauh perjalanan ke Penanjakan biasanya menggunakan Jeep sewaan dengan harga yang sama.

Tips & Highlights wisata gunung Bromo

  • Tidak ada mesin ATM di kawasan gunung Bromo, persiapkan dana yang mencukupi dari titik keberangkatan anda.
  • Biaya sewa jeep dan penginapan bisa lebih murah jika dibagi oleh lebih banyak orang, bepergian dengan berkelompok bisa lebih hemat (penginapan bisa dihuni sampai dengan 4 orang).
  • Pada high season harga-harga lebih mahal, seperti pada tahun baru 2015 kemarin harga sewa jeep bisa sampai Rp. 750 ribu dari harga normalnya yang hanya sekitar Rp. 350 ribu ( 1 Jeep bisa ditumpangi oleh 7 orang).
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Bromo adalah pada musim kemarau, yaitu antara Juni-Oktober.
  • Masker dan senter/headlamp bisa sangat berguna ketika melakukan pendakian ke Penanjakan.
  • Jika masi ada waktu, sempatkan untuk menikmati sunset di Penanjakan untuk menikmati indahnya pemandangan Bromo disaat senja.
  • Udara di Bromo berkisar antara 2º hingga 20º Celcius, bawalah perlengkapan seperti jaket, sarung tangan dan head cap untuk menghangatkan anda.
  • Usahakan untuk tiba di terminal sebelum sore karena pemberangkatan semakin jarang dengan ongkos yang lebih mahal, cobalah untuk menawar jika tak terhindarkan.

Timelapse Bromo yang memukau dari Justin Ng.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here